Saturday, June 23, 2007

Kala teringat masa itu...

Suara anak - anak TPA terdengar begitu riang melafalkan doa - doa sehari - hari. kala mereka melafalkan doa sehabis sholat dhuha, hatiku tersentak. sholat dhuha...entah tiba - tiba timbul kerinduan padanya. kuliah pagi telah membuatku amat jarang sekali melaksanakan sholat ini, hingga sekarang telah tidak terbiasa lagi. saya merindukan saat masa - masa SMA dulu, kala setiap istirahat pasti menyempatkan sholat dhuha. bahkan saya lebih memilih tidak ke kantin daripada tidak melaksanakan sholat dhuha..
kerinduan akan hal tersebut kembali mengemuka...
kemudian mulailah berasa hal - hal aneh...tampak seperti futur, hanya saja rasanya berbeda. jika futur rasanya hanya males atau melankollik, tapi rasanya berbeda. entah, saya sulit menggambarkannya. kala saya membicarakannya dengan teman, ada banyak hal yang subhanallah baru saya ketahui. pertama, beliau berkata bahwasanya Al Quran memiliki sifat cemburu, artinya apabila kita telah terbiasa berinteraksi dengan Al Quran pada waktu tertentu, kemudian kita melewatkannya, maka akan timbul perasaan seperti kehilangan..
memang saat itu saya ngajar TPA, hingga setelah maghrib tidak berinteraksi kembali dengan Al Quran sampai Isya..
kemudian, bisa jadi perasaan itu pun diakibatkan oleh ingatan akan kebiasaan Shalat Dhuha yang mulai terlalaikan beberapa tahun yang lalu..
maka kembalilah memperbaharui diri...

No comments: