Friday, April 13, 2007

Marah....fuhhh...beda ternyata

kemarin tuh hari yang cukup memberi pembelajaran bagus tentang marah. biasanya nih kalo saya marah saya suka ga nyadar esensi marah saya tuh bener ga. nah kemarin, akhirnya pembelajaran itu datang melalui dua orang wanita di dua tempat yang berbeda
case 1
kejadiannya di kelas, saya telat masuk kelas setangah jam gara - gara ada praktikum. kan ga nyambung tuh ama penjelasan yang diberi si bapak. setelah dipikir-pikir akhirnya kudapati apa sebenernya maksud si bapak ampe berbusa - busa di depan kelas (ini berlebih - lebihan). tapi gara - gara sibuk mikir buat memahami apa sebenarnya yang tertulis di papan tulis, saya jadi lupa nulis. walhasil, saya harus minjem catetan. berhubung yang paling rajin sekelas tu wanita, ya udah saya minta pinjem buat dicopy. setelah melalui tari ulur dan sedikit loby - loby politik, akhirnya saya bisa minjem deh ntar abis kuliah.
pas kuliah berakhir, dia tiba - tiba pergi. langsung aja saya panggil, eh dengan jutek plus marah dia bilang "Entar, mau nanya bapak dulu !!" sambil manyun.
beteeee......kalo bukan wanita, udah saya pintes kali, apa salahnya mbok ya bicara yang halus. Alhamdulillah saya bisa menjaga emosi, jadi cuman nyengir kuda dengan ati dongkol...
case 2
terjadi di kompleks masjid salman, di sekretariat salah satu unit salman. seorang wanita tiba - tiba bertanya, apakah diantara kami ada yang tahu kasus kekerasan guna dijadikan penelitian olehnya. langsung saya jawab, kenapa ga ngambil kasus pemukulan terhadap mantan presiden mahasiswa aja. eh...pendapat saya ditimpali ama temen saya. dia bilang itu sih biasa, cuma karena yang dipukul tuh artis aja, jadi ter-blow up. karena sejak dulu - dulu juga udah terjadi kayak pas OSPEK ato apalah. saya mah cuma ketawa aja, dasar...cuman itu kata yang terlintas di ati saya ngedenger dia bicara kayak gitu
eh..tak dinyana, tiba - tiba nada suara wanita itu meninggi, "apanya yang biasa, kalo nganggep kayak gitu biasa, akan jadi kayak apa kita ?!!!"
saya melongo, sosok yang keliatan kalem dan tegas itu tiba - tiba meledak. ho..ho..ho.. I see, ternyata bisa jadi hal itu adalah hal yang prinsipil buat dia, idealis bangeeet...
saya pergi aja, sementara dia masih nyerewetin temen saya yang cuman bisa diem...
yang saya salut, biasanya kalo wanita tuh misalnya udah marah langsung jadi sensi - sensi ga jelas, tapi ini ga terjadi dengan dia
di luar, dia nanyain lagi tentang gimana sebenernya kasusnya, dan perkembangannya seperti apa, dengan nada suara datar, tegas, kalem, kayak ga terjadi apa - apa barusan. bagus juga cara ngeredain emosinya pikirku setelah aku meninggalkan tempat itu.

kesimpulan
dari dua kasus diatas, kita tau kalo alasan mengapa harus marah setiap orang berbeda. yang pertama bisa jadi nafsu yang menguasai, yang kedua, saya lihat idealisme dan prinsip yang menyetir marah itu.
perbedaan selanjutnya, kalo marahnya punya alasan kuat bukan karena emosi, biasanya akan cepet reda, sebab logika yang berperan disana.
yang ketiga..terserah anda...
so...pikirkan kembali apakah marah anda memiliki alasan yang kuat ? !!!

No comments: